CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 18 November 2008

Tiket Kereta

Pembelian tiket kereta bisa dilakukan perhari, perbulan atau per 3 bulan tergantung kebutuhan kita. Untuk membeli tiket bulanan atau per 3 bulanan biasanya kita membelinya di kantor stasiun dengan mengisi formulir pendaftaran dan membayar sesuai harga yang ditetapkan, setelah selesai kita akan diberikan elektronik tiket yang bisa digunakan hanya untuk keluar masuk stasiun tertentu yg kita isi dalam formulir.

Untuk membeli tiket kereta harian tidak ada loket penjualan tiket, melainkan kita harus membeli tiket di mesin penjual tiket yang letaknya berada diluar stasiun, cara membelinya adalah dengan memasukkan sejumlah uang kedalam mesin penjual tiket lalu ikuti petunjuk dan pilih sesuai dengan kebutuhan kita, setelah selesai maka akan keluar elektronik tiket beserta uang kembalian (jika ada).

Ketika masuk kedalam stasiun tidak ada penjaga yang memeriksa tiket melainkan kita harus melalui automatic ticket gate, caranya hanya dengan memasukan tiket kedalam automatic ticket gate maka pintu akan membuka dengan sendirinya.

Tiket yang terbaru berbentuk seperti kartu ATM yang dikelola oleh beberapa pengelola tiket kereta diantaranya suica, pasmo dll..(kalau tiket yang saya punya keluaran suica).

Ada beberapa fungsi tambahan kalau kita menggunakan tiket suica :

  1. Touch and go

Dengan kartu suica tak perlu lagi memasukkan tiket ke dalam automatic ticket gate tapi cukup dengan menyentuhkan kartu ke scanner gate maka pintu akan terbuka. Touch & Go… begitu bunyi iklannya.

  1. Simpan uang

Kita dapat menabung sejumlah uang mulai dari 1.000yen sampai 10.000yen melalui mesin penjual tiket yang mana nantinya dana ini bisa kita gunakan untuk fare adjustment. Fare adjustment adalah penyesuaian tarif jika kita pergi ke stasiun yang bukan jangkauan kartu kita. Biasanya fare adjustment dilakukan dengan memasukkan tiket dan sejumlah uang kedalam mesin fare adjustment namun kalau memakai kartu suica kita tidak usah transaksi di mesin fare adjustment lagi tapi cukup Touch & Go maka kita bisa membuka gate dan sisa dana kita akan tertera dalam automatic ticket gate screen.

  1. Belanja

Kartu suica juga bisa digunakan sebagai kartu debit untuk belanja di toko yang ada logo suica-nya, biasanya toko tersebut hanya ada di sekitar stasiun. Kartu ini bisa juga digunakan membeli di vending machine yang berlogo suica yang juga berada di sekitar stasiun (asyik yaaa…)

0 komentar: