CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 17 November 2008

Fasilitas untuk orang cacat

Pemerintah jepang sangat peduli sekali dengan fasilitas umum untuk penyandang cacat, Baik itu tuna netra, pemakai kursi roda dll. Di setiap fasilitas umum di penjuru kota terdapat fasilitas untuk memudahkan para penyandang cacat beraktivitas.

Misalkan untuk tunannetra, di sepanjang trotoar disediakan ubin bercorak khusus sebagai jalur tuna netra berjalan, jika garis lurus berarti jalan terus, jika titik-titik maka harus hati-hati karena didepan ada jalan raya atau tangga. Di stasiun para tuna netra juga mudah untuk mencari arah masuk dan keluar, untuk membeli tiket juga sudah disediakan mesin khusus yang ada huruf brailenya, jika memakai tangga maka diawal dan akhir pegangan tangga ada huruf braile sebagai penanda, jika memakai lift maka disamping tombol lantai ada huruf braile sebagai penanda.

Begitu pula untuk pemakai kursi roda hampir di setiap stasiun yg bertingkat disediakan lift sehingga memudahkan para pengguna kursi roda naik atau turun lantai dan tombol lantai berada pendek disamping lift sehingga terjangkau oleh pemakai kursi roda. Jika pemakai kursi ingin ke toilet pun sudah disediakan wc dan wastafel khusus untuk pemakai kursi roda.

Dan hebatnya lagi jika ada pemakai kursi roda ingin naik kereta maka akan didampingi petugas yang khusus untuk melayani pemakai kursi roda tersebut. (foto terlampir) dalam foto kita lihat seorang petugas sedang membantu pemakai kursi roda naik kedalam kereta dengan memasangkan jembatan agar kursi roda bisa masuk kedalam kereta dengan aman. Nanti pun ketika sampai di stasiun tujuan maka sudah ada petugas yang menunggu untuk membantu pemakai kursi roda keluar kereta sampai keluar stasiun (ee... sugoii...)

Ini adalah kepedulian pemerintah jepang yang patut kita acungi jempol. Gimana dengan di Indonesia…?? Ya mudah2an ke depannya bias lebih baik lagi.

0 komentar: