CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 18 November 2008

Budaya Antri

Budaya antri di jepang sangat bagus (ga tau deh klo di eropa atau amerika sana), mereka saling menghargai satu sama lain sehingga terlihat rapih di setiap antrian, tidak ada budaya main selak-selakan kalau kata orang betawi, yang akan membuat suasana semakin semrawut, kalau di Jakarta seperti penumpang yang berebut naik kopaja.

Ada beberapa contoh antrian yg patut kita tiru disini. Misalkan antri ketika mau naik kereta. Disini kalau sedang menunggu kereta datang semua orang antri dua baris di garis yg sudah di sediakan dimana ketika kereta berhenti, pintu kereta akan berhenti tepat di garis yg telah di buat. Dan ketika kereta datang (pastinya ontime sesuai jadwal), penumpang yang sedang antri baik di baris kanan maupun kiri saling menjauh untuk mendahulukan penumpang yang mau keluar dari kereta, setelah penumpang kereta yg mau keluar sudah keluar semua, baru setelah itu mereka masuk perlahan-lahan (bagus yaaa…).

Juga antri di rumah makan, lho kok di rumah makan pake ada antrian segala…?? hehe disini banyak sekali rumah makan kecil mungkin seperti warteg di Jakarta, kalau ada rumah makan yang enak dan murah biasanya penuh pengunjung dan jika orang yang akan makan tidak kebagian tempat maka mereka rela antri di luar rumah makan untuk menunggu ada tempat duduk yg kosong didalam rumah makan (kok mau-maunya yaa..cape deeehhh).

Ada lagi yg sudah menjadi budaya disini yaitu jika berjalan di escalator atau walkalator mereka selalu berdiri di sebelah kiri, sebelah kanan hanya dilalui untuk orang yg ingin jalan cepat atau mendahului (kayak di jalan tol… :)).

0 komentar: