CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Selasa, 02 Desember 2008

Shogun, Samurai dan Ninja

Waktu kecil saya pernah bercita-cita jadi ninja…. Hehehe… soalnya ninja punya keahlian menyusup, menghilang dan bergerak tanpa suara…ppssttt.

Apa hubungannya shogun, samurai dan ninja…? Hubungannya baik2 saja hehe…


Shogun adalah kepala pemerintahan yang dictator militer yang membawahi daimyo (gubernur-provinsi). Shogun hanyalah kepala pemerintahan sedangkan kekuasaan tetap ada pada kaisar.


Samurai-yang terkenal dengan pedang katana- adalah pasukan elite dibawah shogun atau daimyo, dimana pasukan samurai antar daimyo sering bertempur untuk merebut daerah kekuasaan. Samurai menduduki kasta tertinggi dari 4 kasta yang berlaku di zaman keshogunan, dibawahnya ada petani, pengrajin dan pedagang.


Ninja-yang terkenal dengan gerakan tanpa suara-adalah dinas intelijen yang bekerja untuk shogun atau daimyo. Tugas utama ninja hanyalah menyusup ke daerah lawan tapi klo mendesak kadang membunuh juga. Perkelahian antar ninja juga sering terjadi karena perebutan kekuasaan daimyo.


Tapi sayang sekarang ninja sudah tidak ada lagi seiring dihapuskannya system keshogunan oleh kaisar Meiji tahun 1868M, yang terkenal dengan peristiwa restorasi Meiji.

0 komentar: