CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 15 Desember 2008

Menyeberang jalan


Sebenarnya tidak ada yang terlalu unik dengan menyeberang jalan di jepang, Cuma ada beberapa kelebihan jepang dalam hal menyeberang jalan dibandingkan dengan di Jakarta baik dalam hal kesadaran pengguna jalan maupun fasilitas yang disediakan pemerintah agar menyebrang jalan lebih aman dan teratur.
Dari sisi pengguna jalan mayoritas nihonjin menyeberang hanya pada tempat yang telah ditentukan, bisa jembatan atau zebra cross. Namun ada juga sih yang suka nyolong2 nyebrang di sembarang tempat kalau suasana jalan lagi sepi (termasuk saya… hehe).
Salah satu factor utama yang membuat mereka bisa menyeberang jalan pada tempatnya adalah fasilitas dan marka jalan yang membuat pengguna jalan mudah aman untuk menyeberang pada tempatnya. Misalnya di perempatan lampu merah selain ada zebra cross yang terang ada juga lampu lalulintas khusus pejalan kaki sehingga pengguna jalan bisa lebih mudah dan aman dalam menyeberang. Dan yang unik di daerah kota yang padat, karena banyak orang yang berjalan kaki, sekali menyeberang bisa ratusan orang…!!??
Pada perempatan tertentu juga ada jembatan penyeberangan yang bentuknya bulat atau persegi yang saling bersambung ke empat arah sehingga kalau menggunakan zebracross harus dua kali menyeberang maka dengan jembatan ini cukup satu kali.

0 komentar: