CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 04 Desember 2008

Bersih

Kesan pertama ketika saya menginjakkan kaki pertama kali di jepang adalah bersih. Sejuk rasanya melihat kebersihan ada dimana-mana, di jalan, di stasiun, di terminal, di dalam bis, didalam kereta, di kantor dll. Sepanjang jalan dari bandara narita menuju Apartment (apato) jarang sekali melihat sampah (tapi bukannya gak ada). Ketika sampai apato kemudian jalan-jalan di sekitar apato, kesan bersih juga begitu terasa.

Tentunya saya bertanya-tanya kenapa di jepang bisa begini tapi di Indonesia nggak bisa. apa sih yang mereka lakukan sehingga kebersihan tetap terjaga…?

Yang paling menonjol disini adalah pemilahan sampah, kalau di Indonesia pemilahan sampah basah dan sampah kering saja susahnya minta ampun, tapi disini pemilahan sampah secara detail sudah biasa mereka lakukan (lihat: budaya membuang sampah). Dan tentu saja tidak ada budaya membuang sampah sembarangan disini, biasanya kalau sedang dijalan dan mau buang sampah maka sampah itu disimpan dulu dalam tas atau kantong pakaian, lalu dibuang ketika nanti ketemu tong sampah.

Hal lain yang membuat jalanan terlihat bersih adalah saluran air (got) disini tidak terbuka melainkan berada didalam tanah di bawah jalan sehingga tidak terlihat genangan air. Dan juga pembuatan jalan dan trotoar yang rapih semakin mengesankan kebersihan di jalan.

Intinya kesadaran bersama orang jepang (nihonjin) yang begitu tinggi terhadap kebersihan dan juga tegaknya aturan yang dibuat pemerintah jepang menjadikan Negara ini bersih. Kalau Indonesia …? Tentu sebaliknya… hehehe (walaupun begitu kita tetap cinta Indonesia… ya nggak..?).

Dalam hal ini kita akui jepang jauh lebih baik dari kita dan kita patut mencontohnya, apalagi sebagai muslim kebersihan bukan hanya kebutuhan akan kenyamanan tapi juga tuntutan keimanan. Semakin cinta seseorang akan kebersihan maka semakin besar imannya. Rasulullah SAW bersabda : ‘Kebersihan adalah sebagian dari Iman’. So.. mari bersihkan diri kita, bersihkan rumah kita, bersihkan lingkungan kita, bersihkan Negara kita… dengan menjadikan diri kita teladan bagi orang lain.

0 komentar: